Sabtu, 21 Juli 2012

RPP SAINS SD/RPP SD/RPP IPA/RPP SAINS/IPA/TEMA GERAK BENDA/ GAYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT SEKOLAH : SDIT ASH SHOHWAH

MATA PELAJARAN          : SAINS
POKOK BAHASAN          : Gaya
SUB POKOK BAHASAN  : Gaya Mempengaruhi Gerak Benda
KELAS/SEMESTER            : IV/2
WAKTU                              : 2 X 35 menit

A. STANDAR KOMPETENSI
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda.

B. KOMPETENSI DASAR
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN/INDIKATOR
Siswa dapat :
a. Menyebutkan alasan mengapa benda dapat bergerak.
b. Menyebutkan alasan mengapa benda dapat bergerak semakin cepat
c. Menyebutkan alasan mengapa benda dapat bergerak berubah arah
d. Menyebutkan alasan mengapa benda tidak dapat bergerak
e. Membuat daftar macam-macam gaya dorong.
f. Membuat daftar macam-macam gaya diam.

D. MATERI AJAR/MARETI POKOK : Gaya

E. METODE PEMBELAJARAN
- TANYA JAWAB
- DEMONTRASI
- PEMBERIAN TUGAS

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

I. Kegiatan Awal:
Aprsepsi:
-Guru mendorong dan menarik meja
-Guru menyuruh seorang siswa maju untuk mendorong lemari
- Guru menyuruh 3 siswa maju untuk mendorong lemari
- Guru memberikan pertanyaan:
Apa yang menyebabkan benda bergerak?

II. Kegiatan Inti:
- Guru membawa bola dan menyuruh siswa untuk berlumpul.
- Guru menendang bola kea rah sa satu siswa dan menyuruh siswa tersebut menghalanginya.
- Guru memperagakan menendang bola dari pelan-pelan kemudian semakin cepat
- Guru menendang kea rah salah satu dinding.
- Guru memberi pertanyaan sesuai dengan demontrasi diatas.
(Apa akibat gaya terhadap benda bergerak?)
-Guru membenarkan jawaban siswa yang kurang sesuai
- Guru menyuruh siswa kembali ke tempat duduknya.
- Guru member tugas siswa:
(Mengerjakan tugas 7.1 di halaman 138)

III. Kegiatan Penutup:
- Guru memberikan kesimpulan dari hasil demontrasi
Apersepsi:
- Siswa memperhatikan yang dilakukan guru
- Siswa maju melaksanakan perintah guru (tidak berhasil)
- Mendorong lemari dan berhasil tergeser
-Menjawab pertanyaan
-Siswa berkumpul dan membentuk lingkaran.
- Siswa menghalangi bola yang di tending oleh guru.
- Siswa memperhatikan pergaan guru
- Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan demontrasi yang dilakukan oleh guru.
- Siswa kembali ke tempat dudukny masing-masing.
- Siswa mengerjakan tugas 7.1 halaman 138

G. ALAT DAN SUMBER BAHAN
- Alat :
 Bola
 Lemari
 meja

- BUKU SUMBER :
 Buku Siswa: Haryanto,2004,Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV,Jakarta: Erlangga, Halaman 135-138

 BUKU PENGANAN GURU :
Sutanto, Purwo dan Sarjan, 2007, IPA 4 untuk Kelas 4 Sekolah Dasar dan MI, Kleten: Sahabat, Hal. 119-122

H. PENILAIAN
A. On going proses:
Siswa memperhatikan demontrasi yang dilakukan oleh guru dan dapat memahaminya.
B. Post Test: Ujian tulis

                                                                                        Tanjung Redeb, Mei 2011
                                                                     Mengetahui,

Guru Bidang Studi IPA




 Susitin Sadaryati, A. Md

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar