Jumat, 07 Juni 2013

RPP MENDENGAR DAN BERBICARA.RPP BHS INGGRIS KD. MENDENGARKAN DAN BERBICARA. RPP SMA/SMU. RPP BERKARAKTER. RPP BHS INGGRIS BERKARAKTER. ENGLISH LESSON PLAN LISTENING AND SPEAKING LESSON PLAN. ENGLISH LESSON PLAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
ENGLISH LESSON PLAN
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : XI/1
Pertemuan ke : 2,3, dan 4
Standar Kompetensi     : 
Mendengarkan:
1.   Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari

Berbicara 
3.   Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi  Dasar     :
1.1 Mendengarkan
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.

3.1  Berbicara:

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas

I.          Indikator             :
Mendengarkan   :
·      Mengidentifikasi isi percakapan
·      Mengidentifikasi tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
·      Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
·       

Berbicara  :
·      Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas dalam percakapan transaksional/interpersonal.

I.          Tujuan Pembelajaran
  • Melakukan percakapan interpersonal dan transaksional yang menggunakan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas dengan rasa ingin tahu, percaya diri, tanggungjawab dan kerjasama serta disiplin yang baik.

II.          Materi Pembelajaran
·      Menyampaikan pendapat
·       Meminta pendapat
·      Menyatakan puas
·      Menyatakan tidak puas

III.          Metode/ Model Pembelajaran:
  • Two Cycle Four Steps
  • Jigsaw
  • Role Play

IV.          Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
NILAI KARAKTER
A.   Tatap Muka
a.    Kegiatan Awal (8’)
·      Memberi salam (Greeting)
·      Mencek kehadiran peserta didik
·      Bertanya-jawab tentang sebuah situasi

Contoh:
·         Teacher:  What do think about the upcoming National Exam?
·         Student A:  I think we should study hard.
·         Student B:  What do you do to prepare yourself?
·         Student A: I have done many things like taking private course and doing some exercises
·         Teacher: Good job. Now, I want to divide the class into 3 groups, 1, 2, and 3. Each group consists of 11 students. Please sit in your group to do the next tasks.
b.      Kegiatan Inti
·      Mendiskusikan sebuah percakapan tertulis dengan teman di sampingnya.
·      Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan tertulis dengan teman di sampingnya.
·      Berganti pasangan dengan pasangan lain yang mendiskusikan percakapan yang berbeda.
·      Berbagi informasi dengan pasangan baru
·      Mengkomunikasikan hasil diskusi secara klasikal.
·      Mendengarkan contoh penggunaan masing-masing ungkapan yang didiskusikan.
·       Berlatih menggunakan ungkapan dengan melengkapi one sided dialogue

c.       Kegiatan akhir (5’)
·         Menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu
Kesimpulan:
-            Expressions of Giving Opinion is used when you want to give your ideas about something.
-            Expressions of asking Opinion is used when you need someone ideas about something in your life.
-            Expressing Satisfaction is used when you get a pleasant feeling from something you receive something you wanted or you have done something you wanted to do.
-            Expressing dissatisfaction is used when you get an unpleasant feeling from something you receive you wanted to do or to have.
·         Memberikan penugasan untuk pertemuan berikutnya


Disiplin
Rasa ingin tahu

Cermat
Tanggungjawab

Demokratis
Kerjasama

Kritis
Toleransi
Komunikatif


Rasa ingin tahu
Komunikatif



B.      Penugasan Terstruktur
·      Secara individu peserta didik melakukan studi pustaka tentang ungkapan meminta pendapat, memberi pendapat, mengungkapkan rasa puas dan mengungkapkan rasa tidak puas.
·      Mengerjakan tugas

Pertemuan 2
KEGIATAN
NILAI KARAKTER

A.   Tatap Muka
a.    Kegiatan awal (5’)
·      Memberi salam (Greeting)
·      Mencek kehadiran peserta didik
·      Bertanya-jawab tentang tugas.
e.g. Teacher       : How was the task that gave you?
Student A: Ma’am, the task is so difficult.
Teacher      : Which one that you think is difficult?
Student B: Maybe, the instruction in task 2 is not so clear, ma’am.
Teacher         : Oh.. really? Well .. Is there anybody who can explain it again to your friend?
b.    Kegiatan Inti
·      Mendengarkan dan membaca nyaring bermakna percakapan yang ditanyangkan
·      Mendiskusikan isi percakapan secara lisan.
·      Mengidentifikasi tindak tutur yang digunakan dalam percakapan tersebut.
·      Mendiskusikan ungkapan lain untuk menyatakan secara klasikal.
·      Secara berkelompok yang terdiri dari 3 atau 4 peserta didik membuat sebuah script percakapan yang menggunakan ungkapan meminta pendapat, memberi pendapat, mengungkapkan rasa puas dan mengungkapkan rasa tidak puas.
·      Kegiatan Akhir (5’)
·      Secara klasikal guru meminta siswa untuk menyampaikan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini.
Kesimpulan:
 Tindak tutur meminta pendapat dan member pendapat adalah sebagai berikut:

Asking Opinion
Giving Opinion
·         What is your opinion about …….?
·         Why do you think about  …….?
·         What is your view about ….?
·         Do you think ……
Positive
·     I think ….
·     In my opinion, …
·     In my view, ……
·     Yes, I think ….


Tindak tutur menyatakan rasa puas/tidak puas adalah sebagai berikut:
Expressing Satisfaction
Expressing Dissatisfaction
·     I am really satisfied with …
·     I’m very satisfied with …
·     She derived/obtained great satisfaction of helping others.
·     For me, job satisfaction is more important than money.
·     She had the satisfaction of getting her scholarship.
·     I am really not satisfied with …
·     She has a lot of dissatisfaction in her life.
·     Your answer does not satisfy her at all.

·      Memberikan penugasan untuk pertemuan berikutnya.


Disiplin
Rasa ingin tahu












Cermat
Tanggungjawab

Demokratis
Kerjasama

Kritis
Toleransi
Komunikatif


Rasa ingin tahu
Komunikatif



B.        Penugasan Terstruktur
·         Membentuk kelompok yang terdiri dari 3 atau 4 peserta didik.
·         Menentukan situasi percakapan yang akan dilakukan.
·         Membuat script percakapan
·         Menentukan tugas masing-masing anggota kelompok dalam percakapan tersebut.

Pertemuan 3



A.   Tatap Muka
a.    Kegiatan awal (8’)
·      Memberi salam (Greeting)
·      Mencek kehadiran peserta didik
·      Bertanya-jawab tentang tugas yang diberikan
e.g. Teacher      : Ok guys, it is for you to perform your conversation. Do you have any problem in doing your task.
Student A: Yes, we get still difficulty in remembering what we should say in from the dialog.
Teacher: Well.. if that happens, you can have sometime time to prepare with your partner. But you must be ready if your group is called.
Student B: Ma’am, we need a few minutes to practise before performing.
Teacher: Mm....don’t be afraid! I’ll give you 10 minute to seat in grour.

b.      Kegiatan Inti
·        Mempersiapkan penampilan kelompok dengan mengedit script yang sudah dibuat kelompok pada penugasan terstruktur.
·        Melakukan percakapan secara berkelompok berdasarkan situasi yang sudah ditentukan kelompok.
·        Masing-masing peserta didik memberikan respon yang tepat terhadap ungkapan yang diberikan.
·        Masing-masing peserta didik menginterview teman mereka tentang pelayan yang diberikan sekolah.

c.       Kegiatan akhir (5’)
·      Memberikan feedback terhadap performans setiap group
·      Secara klasikal guru meminta siswa untuk menyampaikan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini.
Kesimpulan:
1.       Pada umumnya peserta didik sudah mampu melakukan percakapan menggunakan ungkapan mengeluh/memohon, mengeluh dan membahas kemungkinan dengan lancar.
2.       Dalam melakukan percakapan perlu diperhatikan ekspresi wajah, intonasi dan eye contact.

Disiplin
Rasa ingin tahu

Semangat
Pantang menyerah
Sungguh-sungguh







Cermat
Tanggungjawab

Demokratis
Kerjasama

Kritis
Toleransi
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Komunikatif



B.      Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
·         Melakukan tourish hunting secara individu atau kelompok.
·         Melakukan percakapan dengan turis tersebut.
·         Merekam percakapan tersebut dengan menggunakan HP.
  1. Alat/Bahan/Sumber
·      Alat: laptop, active room speaker and LCD
·   Bahan: Script percakapan dan worksheet
    
Percakapan I
Nabiila             : Mom, do you think it’s a good idea if I join a Poem Writing contest?
Mommy             : well, it depends on you, my dear. I think it is good for to join it as your experience. It is also good to try something than never.
Nabiila             : But, I am scare if I lose it.
Mommy           : don’t worry if you lose it. You’ll never know until you try it.
Nabiila             : Thanks mom.
Mommy           : Ok.
Percakapan 2:
Nabiila             : Mom, I’ve got good news for you.
Mommy           : What is it, honey?
Nabiila             : I got a third winner of the poem writing contest I joined yesterday.
Mommy           : That’s a great job honey. How do feel now?
Nabiila             : I got a satisfaction feeling though it is just a third winner.
Mommy           : That’s ok sweetheart. You still have a chance to get a higher achievement next year.
Nabiila            : Thanks mom.

      II.Sumber dan Media
a.                                     Sumber :      Priyana, J, Saridewi, T.R.P, and Rahayu, Y. 2008. Interlanguage: English for Senior High School. Klaten Utara: PUSBUK Departemen Pendidikan Nasional.
b.      Media : Audio set, students’ worksheet, computer, LCD, speaking scrips.
VI.            Penilaian (Authentic Assesment)
  1. Tes Tertulis
SOAL
1.       What is the relationship among the speakers?
2.       Where does the conversation take place?
3.       What does the first speaker want to know?
4.       How does the second speaker answer?
5.       What expressions are used by the participants?

PEDOMAN PENSKORAN
·         Jawaban singkat
Penskoran instrument dilakukan dengan memberikan skor 2 untuk setiap jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah.
  1. Praktek (Speaking)
·      Soal: Perform a conversation in a group of 4 or 3 that use the expressions of proposing/urging, complaining and possibility/impossibility.

·      Format Penilaian Conversation
NO
ASPEK
KRETERIA
SKOR
1
Leksiko-gramatika
·      Tata bahasa dan kosa kata tepat
·      Tata bahasa dan kosa kata kadang-kadang kurang tepat dan tidak mempengaruhi makna
·      Tata bahasa dan kosa kata kurang tepat dan mempengaruhi makna
·      Tata bahasa dan kosa kata sulit dipahami.
·      Diam
4
3

2

1
0
2
Sistematika

a.  Interaksional




·   Melakukan dan merespon tindak tutur dengan tepat dalam bahasa lisan
·   Melakukan dan merespon tindak tutur dalam bahasa lisan dimana kadang-kadang terdapat kesalah-pahaman
·   Sering terjadi kesalahan dalam melakukan dan merespon tindak tutur.
·   Tidak mampu melakukan dan merespon tindak tutur sederhana.
·   Memproduksi kata-kata yang tidak berbentuk teks
4
3
2
1
0
3
Ucapan dan Intonasi
·      Sangat jelas dan mendekati penutur asli.
·      Sangat jelas walaupun dengan aksen bahasa ibu.
·      Kurang jelas dan mempengaruhi makna.
·      Tidak jelas dan menghilangkan sebagian makna
·      Tidak jelas dan tidak bermakna
4
3
2
1
0
4
 Komunikasi Interaktif
·      Percaya diri dan lancar dalam mengambil giliran bicara serta mampu mengkoreksi diri jika melakukan kesalahan.
·      Percaya diri meskipun ada pengulangan dan kerakuguan.
·      Lebih banyak merespon dari berinisiatif.
·      Sulit diajak bicara meskipun sudah dipancing.
·      Tidak mampu merespon dan berinisiatif.
4
3
2
1
0


Jumlah
16

VII.          Program Tindak Lanjut
·        Remedial
·         Siswa yang belum kompeten diberi tugas terstruktur untuk mendengarkan film dalam bahasa Inggris selama dua minggu kemudian mencatat tindak tutur keingintahuan dan hasrat yang digunakan. Kemudian berlatih dengan teman untuk menggunakan kedua tindak tutur tersebut. Setelah dua minggu guru mengevaluasi kemajuan kempetensi siswa tersebut. Terakhir guru melaksanakan tes  remedial.

·        Pengayaan
·         Bagi siswa mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk melakukan turis hunting dan merekam percakapan dengan turis tersebut. Lalu diperdengarkan kepada seluruh siswa di kelas.


Tanjung Redeb,  April 2012

Kepala Madrasah,                                                        Guru Mata Pelajaran,


Drs. Syahruddin                                                          Ali M. Syuryanto, M.Pd
NIP. 19                                                                       NIP. 19690804 199703 1003

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar