RPP MENDENGAR DAN BERBICARA.RPP BHS INGGRIS KD. MENDENGARKAN DAN BERBICARA. RPP SMA/SMU. RPP BERKARAKTER. RPP BHS INGGRIS BERKARAKTER. ENGLISH LESSON PLAN LISTENING AND SPEAKING LESSON PLAN. ENGLISH LESSON PLAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
ENGLISH LESSON PLAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 2,3, dan 4
Standar Kompetensi :
Mendengarkan:
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional
dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendengarkan
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi
dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan
pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
3.1 Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi
dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan
pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
I.
Indikator :
Mendengarkan :
· Mengidentifikasi
isi percakapan
· Mengidentifikasi tindak
tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan
tidak puas.
· Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyampaikan
pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
· Merespon tindak tutur
menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak
puas.
·
Berbicara :
·
Menggunakan
tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan
puas, dan menyatakan tidak puas dalam percakapan transaksional/interpersonal.
I.
Tujuan
Pembelajaran
- Melakukan percakapan interpersonal dan transaksional yang menggunakan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas dengan rasa ingin tahu, percaya diri, tanggungjawab dan kerjasama serta disiplin yang baik.
II.
Materi
Pembelajaran
·
Menyampaikan
pendapat
·
Meminta pendapat
·
Menyatakan puas
·
Menyatakan tidak
puas
III.
Metode/
Model Pembelajaran:
- Two Cycle Four Steps
- Jigsaw
- Role Play
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
NILAI
KARAKTER
|
A.
Tatap
Muka
a. Kegiatan Awal (8’)
·
Memberi
salam (Greeting)
·
Mencek
kehadiran peserta didik
·
Bertanya-jawab
tentang sebuah situasi
Contoh:
·
Teacher: What do think about the upcoming National
Exam?
·
Student A: I think we should study hard.
·
Student B: What do you do to prepare yourself?
·
Student A: I have
done many things like taking private course and doing some exercises
·
Teacher: Good
job. Now, I want to divide the class into 3 groups, 1, 2, and 3. Each group
consists of 11 students. Please sit in your group to do the next tasks.
b. Kegiatan Inti
· Mendiskusikan sebuah percakapan tertulis
dengan teman di sampingnya.
· Mendiskusikan tindak tutur yang
digunakan dalam percakapan tertulis dengan teman di sampingnya.
· Berganti pasangan dengan pasangan lain
yang mendiskusikan percakapan yang berbeda.
· Berbagi informasi dengan pasangan baru
· Mengkomunikasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Mendengarkan contoh penggunaan
masing-masing ungkapan yang didiskusikan.
· Berlatih menggunakan ungkapan dengan
melengkapi one sided dialogue
c.
Kegiatan akhir (5’)
·
Menyimpulkan
hasil pembelajaran hari itu
Kesimpulan:
-
Expressions of Giving Opinion is used when you want to give your
ideas about something.
-
Expressions
of asking Opinion is used when you need someone ideas about something in
your life.
-
Expressing
Satisfaction is used when you get a pleasant feeling from something you
receive something you wanted or you have done something you wanted to do.
-
Expressing
dissatisfaction is used when you
get an unpleasant feeling from something you receive you wanted to do or to
have.
·
Memberikan
penugasan untuk pertemuan berikutnya
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
Cermat
Tanggungjawab
Demokratis
Kerjasama
Kritis
Toleransi
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Komunikatif
|
B. Penugasan Terstruktur
· Secara individu peserta didik melakukan
studi pustaka tentang ungkapan meminta pendapat, memberi pendapat,
mengungkapkan rasa puas dan mengungkapkan rasa tidak puas.
· Mengerjakan tugas
Pertemuan 2
KEGIATAN
|
NILAI KARAKTER
|
||||||||
A. Tatap Muka
a. Kegiatan awal (5’)
·
Memberi
salam (Greeting)
·
Mencek
kehadiran peserta didik
·
Bertanya-jawab
tentang tugas.
e.g. Teacher : How was the task that gave you?
Student A: Ma’am,
the task is so difficult.
Teacher : Which one that you think is difficult?
Student B: Maybe,
the instruction in task 2 is not so clear, ma’am.
Teacher : Oh.. really? Well .. Is there anybody
who can explain it again to your friend?
b. Kegiatan Inti
· Mendengarkan dan membaca nyaring
bermakna percakapan yang ditanyangkan
· Mendiskusikan isi percakapan secara
lisan.
· Mengidentifikasi tindak tutur yang
digunakan dalam percakapan tersebut.
· Mendiskusikan ungkapan lain untuk
menyatakan secara klasikal.
·
Secara
berkelompok yang terdiri dari 3 atau 4 peserta didik membuat sebuah script
percakapan yang menggunakan ungkapan meminta pendapat, memberi pendapat, mengungkapkan rasa puas dan
mengungkapkan rasa tidak puas.
·
Kegiatan
Akhir (5’)
·
Secara
klasikal guru meminta siswa untuk menyampaikan kesimpulan dari kegiatan
pembelajaran hari ini.
Kesimpulan:
Tindak tutur meminta pendapat dan member pendapat
adalah sebagai berikut:
Tindak tutur menyatakan
rasa puas/tidak puas adalah sebagai berikut:
·
Memberikan
penugasan untuk pertemuan berikutnya.
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
Cermat
Tanggungjawab
Demokratis
Kerjasama
Kritis
Toleransi
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Komunikatif
|
B.
Penugasan Terstruktur
·
Membentuk
kelompok yang terdiri dari 3 atau 4 peserta didik.
·
Menentukan
situasi percakapan yang akan dilakukan.
·
Membuat
script percakapan
·
Menentukan
tugas masing-masing anggota kelompok dalam percakapan tersebut.
Pertemuan 3
A. Tatap Muka
a. Kegiatan awal (8’)
·
Memberi
salam (Greeting)
·
Mencek
kehadiran peserta didik
·
Bertanya-jawab
tentang tugas yang diberikan
e.g. Teacher : Ok guys, it is for you to perform your
conversation. Do you have any problem in doing your task.
Student A: Yes, we
get still difficulty in remembering what we should say in from the dialog.
Teacher: Well.. if
that happens, you can have sometime time to prepare with your partner. But
you must be ready if your group is called.
Student B: Ma’am,
we need a few minutes to practise before performing.
Teacher: Mm....don’t
be afraid! I’ll give you 10 minute to seat in grour.
b. Kegiatan Inti
·
Mempersiapkan
penampilan kelompok dengan mengedit script yang sudah dibuat kelompok pada
penugasan terstruktur.
·
Melakukan
percakapan secara berkelompok berdasarkan situasi yang sudah ditentukan
kelompok.
·
Masing-masing
peserta didik memberikan respon yang tepat terhadap ungkapan yang diberikan.
·
Masing-masing
peserta didik menginterview teman mereka tentang pelayan yang diberikan
sekolah.
c. Kegiatan akhir (5’)
· Memberikan feedback terhadap
performans setiap group
· Secara klasikal guru meminta
siswa untuk menyampaikan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini.
Kesimpulan:
1. Pada umumnya peserta didik sudah
mampu melakukan percakapan menggunakan ungkapan mengeluh/memohon,
mengeluh dan membahas kemungkinan dengan lancar.
2. Dalam
melakukan percakapan perlu diperhatikan ekspresi wajah, intonasi dan eye contact.
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
Semangat
Pantang menyerah
Sungguh-sungguh
Cermat
Tanggungjawab
Demokratis
Kerjasama
Kritis
Toleransi
Komunikatif
Rasa ingin tahu
Komunikatif
|
B. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
·
Melakukan
tourish hunting secara individu atau
kelompok.
·
Melakukan
percakapan dengan turis tersebut.
·
Merekam
percakapan tersebut dengan menggunakan HP.
- Alat/Bahan/Sumber
·
Alat:
laptop, active
room speaker and LCD
· Bahan:
Script
percakapan dan worksheet
Percakapan I
Nabiila : Mom, do you think it’s a good
idea if I join a Poem Writing contest?
Mommy : well, it depends on you, my dear.
I think it is good for to join it as your experience. It is also good to try
something than never.
Nabiila : But, I am scare if I lose it.
Mommy : don’t worry if you lose it. You’ll
never know until you try it.
Nabiila : Thanks mom.
Mommy : Ok.
Percakapan 2:
Nabiila : Mom, I’ve got good news for you.
Mommy : What is it, honey?
Nabiila : I got a third winner of the poem
writing contest I joined yesterday.
Mommy : That’s a great job honey. How do
feel now?
Nabiila : I got a satisfaction feeling
though it is just a third winner.
Mommy : That’s ok sweetheart. You still
have a chance to get a higher achievement next year.
Nabiila : Thanks mom.
II.Sumber dan Media
a.
Sumber : Priyana, J, Saridewi, T.R.P, and Rahayu, Y. 2008. Interlanguage:
English for Senior High School. Klaten Utara: PUSBUK Departemen Pendidikan
Nasional.
b.
Media : Audio set, students’ worksheet, computer,
LCD, speaking scrips.
VI.
Penilaian
(Authentic Assesment)
- Tes Tertulis
SOAL
1.
What is the relationship among the speakers?
2.
Where does the conversation take place?
3.
What does the first speaker want to know?
4.
How does the second speaker answer?
5.
What expressions are used by the participants?
PEDOMAN PENSKORAN
·
Jawaban
singkat
Penskoran
instrument dilakukan dengan memberikan skor 2 untuk setiap jawaban benar dan 0
untuk jawaban salah.
- Praktek (Speaking)
·
Soal:
Perform a conversation in a group of 4 or 3 that use the expressions of
proposing/urging, complaining and possibility/impossibility.
·
Format
Penilaian Conversation
NO
|
ASPEK
|
KRETERIA
|
SKOR
|
1
|
Leksiko-gramatika
|
·
Tata bahasa dan kosa kata tepat
·
Tata bahasa dan kosa kata kadang-kadang
kurang tepat dan tidak mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan kosa kata kurang tepat
dan mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan kosa kata sulit
dipahami.
·
Diam
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Sistematika
a. Interaksional
|
·
Melakukan
dan merespon tindak tutur dengan tepat dalam bahasa lisan
·
Melakukan dan merespon tindak tutur
dalam bahasa lisan dimana kadang-kadang terdapat kesalah-pahaman
·
Sering terjadi kesalahan dalam melakukan
dan merespon tindak tutur.
·
Tidak mampu melakukan dan merespon
tindak tutur sederhana.
·
Memproduksi kata-kata yang tidak
berbentuk teks
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Ucapan
dan Intonasi
|
·
Sangat jelas dan mendekati penutur asli.
·
Sangat jelas walaupun dengan aksen
bahasa ibu.
·
Kurang jelas dan mempengaruhi makna.
·
Tidak jelas dan menghilangkan sebagian
makna
·
Tidak jelas dan tidak bermakna
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Komunikasi Interaktif
|
·
Percaya
diri dan lancar dalam mengambil giliran bicara serta mampu mengkoreksi diri
jika melakukan kesalahan.
·
Percaya diri meskipun ada pengulangan
dan kerakuguan.
·
Lebih banyak merespon dari berinisiatif.
·
Sulit diajak bicara meskipun sudah
dipancing.
·
Tidak mampu merespon dan berinisiatif.
|
4
3
2
1
0
|
Jumlah
|
16
|
VII. Program Tindak Lanjut
·
Remedial
· Siswa yang belum kompeten diberi tugas terstruktur untuk mendengarkan film dalam bahasa Inggris selama dua minggu kemudian mencatat tindak tutur keingintahuan dan hasrat yang digunakan. Kemudian berlatih dengan teman untuk menggunakan kedua tindak tutur tersebut. Setelah dua minggu guru mengevaluasi kemajuan kempetensi siswa tersebut. Terakhir guru melaksanakan tes remedial.
·
Pengayaan
·
Bagi
siswa mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk
melakukan turis hunting dan merekam percakapan dengan turis tersebut. Lalu
diperdengarkan kepada seluruh siswa di kelas.
Tanjung Redeb, April 2012
Kepala Madrasah, Guru Mata
Pelajaran,
Drs. Syahruddin Ali
M. Syuryanto, M.Pd
NIP. 19
NIP. 19690804 199703 1003
Komentar
Posting Komentar