english lesson plan, RPP K13, RPP Bahasa Inggris K13, RPP Bahasa Inggris kurikullum 2013, lesson plan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN BERAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris (Wajib)
Kelas /Semester : XII/I
Materi Pokok : Surat Lamaran Kerja.
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 4JP (2Pertemuan 2x45’)
A. Kompetensi Dasar :
3.2. Membedakan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Surat Lamaran Kerja
4.2.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang
memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja.
4.2.2 Menyususn teks khusus surat lamaran kerja, yang
memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
B. Materi
Pembelajaran :
Fungsi social :
v
Menimbulkan kesan positif tentang kesusuaian
pelamar dengan pekerjaan yang dilamar.
Struktur teks dapat mencakup :
v
Tempat dan tanggal
v
Penerima dan alamatnya
v
sapaan
v
Isi surat
v
Penutup
v
Tanda tangan dan nama lengkap.
Unsur kebahasaan :
v
Ungkapan dan kosakata yang sesuai.
v
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan.
Topik pekerjaan dan pemenuhan kualifikasi yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
C. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa dapat :
1.
Menemukan cara menuliskan alamat pengirim surat
dengan benar.
2.
Menemukan cara menuliskan alamat surat yang akan
dikirimi dengan benar.
3.
Menemukan kalimat pembuka surat lamaran kerja.
4.
Menemukan kalimat penutup surat lamaran kerja.
5.
Menemukan phrase sapaan dalam surat lamaran
kerja.
6.
Menemukan informasi pekerjaan yang sedang dicari
dengan benar.
7.
Menemukan persyaratan pekerjaan yang sedang
dicari dengan benar.
8.
Mencari perbedaan kalimat penutup antara surat
yang satu dengan lainnya.
9.
Membuat surat lamaran kerja sesuai dengan
kualifikasi yang dimiliki.
D. Metode Pembelajaran:
Scientific Learning
:
Discovery Learning
E. Alat Dan Bahan :
Worksheet contoh lowongan kerja 2 buah
:
worksheet contoh surat lamaran kerja 2 buah.
F. Sumber
Belajar :Doddy,
Achmad, Ahmad Sugeng, dan Effendi. 2009. Developing English Competencies.
Bandung. PT. Purna Putra Ins
G. Penilaian :
Authentic Assessment (penilaian autentik)
: Membuat surat lamaran kerja
berdasarkan lowongan kerja yang
diberikan.
NO
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
|
PERTEMUAN PERTAMA
|
|
1
|
KEGIATAN PEMBUKA
o
Guru menyampaikan salam
o
Guru mengabsen siswa
o
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
kecil
o
Guru membagikan contoh surat laaran kerja
Apersepsi :
Mengaitkan pelajaran yang akan dipelajari dengan ketrampilan yang
harus mereka miliki dalam pelajaran bahasa inggris seperti:
a.
What will you do after graduating from High
School?
b.
How do get a job?
c.
How do you apply a job?
d.
Can you make an application letter in English?
|
5-10’
|
2
|
KEGIATAN INTI :
|
70’
|
|
A. Mengamati:
o
Guru memberikan lembar kerja berupa sebuah
contoh Surat Lamaran Kerja.
o
Guru membacakan contoh surat lamaran kerja
dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
|
|
|
B. Menanya
o
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan segala sesuatu yang berkenaan dengan contoh surat yang mereka
amati. Seperti:
.
|
|
|
C. Mengumpulkan Informasi
Ø Di
dalam kelompok, siswa mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang mereka
dapat baik dari buku maupun sumber lainnya seperti internet.
Ø Informasi
yang mereka dapat bisa jadi berhubungan dengan hal-hal berikut ini, seperti:
·
When and
where was a letter made?
·
Who sent
a letter?
·
To whom
a letter was sent?
·
Do you
know which one is the opening letter?
·
Do you
know which one is the closing letter?
·
Why did
the sender send a letter?
·
What
position did s/he want to apply?
Menanyakan kosa kata yang
mungkin mereka tidak mereka ketahui.
|
|
|
D. Mengasosiasikan
o Mengaitkan
kualifikasi pekerjaan dengan pekerjaan yang dilamar dan membahas kesesuaiannya.
o Dengan
mengambil kalimat-kalimat dari surat-surat lamaran yang telah dipelajari
maupun lainnya, memilih untuk membuat setiap bagian surat lamaran kerja
disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja.
o Bertukar
dengan teman untuk membahas kualitas surat masing-masing, saling memberikan
masukan untuk perbaikan.
|
|
|
E. Mengkomunikasikan
v
Masing-masing kelompok diwakili oleh seorang
anggota kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi kelmpok.
v
Guru mengamati hasil kerja kelompok dan
memberikan penghargaan bagi yang sudah melakukan presentasi hasil kerja
kelompok.
v
Guru memberikan penjelasan jika terdapat
kesalahan yang dibuat oleh siswa.
v
Menanyakan kepada siswa tentang hasil
pelajaran hari ini.
|
|
3
|
KEGIATAN PENUTUP
§
Menanyakan kepada siswa tentang apa yang sudah
dipelajari hari ini.
§
Meluruskan pendapat siswa yang belum sesuai
dengan kondisi yang sebenarnya.
§
Guru memberikan penugasan individu (PT):
MENCARI CONTOH SURAT LAMARAN KERJA
MENCARI
CONTOH LOWONGAN KERJA.
|
10
|
|
PERTEMUAN KE DUA
|
|
1
|
KEGIATAN PEMBUKA
o
Guru menyampaikan salam
o
Guru mengabsen siswa
o
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
kecil
o
Guru membagikan contoh IKLAN LOWONGAN
PEKERJAAN
Apersepsi :
Mengaitkan pelajaran yang akan dipelajari dengan ketrampilan yang
sudah mereka pelajari pecan lalu, seperti:
a.
What will you do if you want to get a job?
b.
How do you get information if you want to get
a job?
c.
If you got a job vacant, How do you apply a
job?
d.
Can you make an application letter in English?
|
5-10’
|
2
|
KEGIATAN INTI
|
70’
|
|
A. Mengamati:
o
Guru memberikan lembar kerja berupa sebuah
contoh lowongan Kerja.
o
Guru membacakan contoh IKLAN LOWONGAN kerja
dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
|
|
|
B. Menanya
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan segala sesuatu yang berkenaan dengan contoh IKLAN LOWONGAN yang
mereka amati.
|
|
|
C. Mengumpulkan Informasi
o
Di dalam kelompok, siswa mengumpulkan sebanyak
mungkin informasi yang mereka dapat.
v
Informasi yang mereka dapat bisa jadi
berhubungan dengan hal-hal berikut ini, seperti:
v
What is
being advertised?
v
What job
is being advertised?
v
What are
the requirements being advertised?
v
Where
and when is the application letter sent?
v
Can they
apply that position?
v
Menanyakan
kosa kata yang mungkin mereka tidak mereka ketahui.
|
|
|
D. Mengasosiasikan
o Mengaitkan
kualifikasi pekerjaan dengan pekerjaan yang dilamar dan membahas
kesesuaiannya.
o Dengan
CV seseorang dan mengaitkannya dengan pekerjaan yang sedang ditawarkan
o Bertukar
dengan teman untuk CV masing-masing untuk melamar pekerjaan tersebut.
|
|
|
E. Mengkomunikasikan
v
Membuat surat lamaran kerja berdasarkan
lowongan kerja yang diberikan secara bersama-sama.
v
Mengumpulkan surat lowongan kerja yang telah
dibuat.
|
|
3
|
KEGIATAN
PENUTUP
Ø
Guru menanyakan tentang pelajaran yang baru
saja selesai dilaksanakan.
Ø
Guru meluruskan jawaan yang diberikan oleh
siswa.
Ø
Guru memberikan penugasan (PT) untuk pertemuan
yang akan datang.
|
|
Berau,
Oktober 2017.
Guru
bidang studi,
Ali
M. Syuryanto, M.Pd
Komentar
Posting Komentar